Mengapa Harus Belajar Bahasa Arab?

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menutup risalah agama dengan Islam, yang telah menutup para rasul dengan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan telah menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya dengan Al-Quran al-Kariim, dan telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa agama terakhir ini, wa ba’du.

Sesungguhnya bahasa Arab bahasa yang dibutuhkan setiap generasi muslim, yang diharuskan untuk menjaga dengan mempelajarinya, agar selalu mengikatkan dengan agama dan ibadahnya. Sebagaimana pula menjadi kewajiban bagi setiap yang mampu untuk mengajarkannya bagi setiap orang yang ingin mempelajarinya, dengan berbagai cara; dari buku-buku dan bahan ilmiah lainnya, yang telah jelas tujuannya.

Allah telah memilih bahasa Arab sebagai bahasa bahasa pengantar risalah terakhir ini, sebagaimana al-Quran al-Kariim disampaikan dengan bahasa Arab. Hal ini terekam dalam beberapa ayatnya:

وهذا كتاب مصدق لسانا عربيا

sedang al-Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang” (An-Nahl: 103)

إنا أنزلناه قرآنا عربيا لعلكم تعقلون  

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2)

Umat Islam generasi terdahulu (salaf) pada masanya telah memelihara bahasa Arab dan telah telah banyak dari mereka yang mencapai pada tujuan bahasa itu sendiri, bukan sekedar sebagai sarana menyampaikan risalah, dan diwariskan turun temurun sehingga dengannya mencapai kemuliaan dan keunggulan.

Dan di saat ini, orang Arab dari kalangan muslimin telah menaruh perhatian dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab untuk membantu umat muslimin, dikarenakan beberapa sebab berikut ini:

  • Sesungguhnya bahasa Arab merupakan bagian dari agama, Ibnu Taimiyah rahimahullah, berkata: “telah diketahui bahwa mempelajari bahasa Arab dan mengajarkannya merupakan fardhu kifayah.” Dan beliau berkata juga: “Sesungguhnya bahasa Arab bagian dari agama, dan mengetahuinya adalah fardhu dan wajib, karena sesungguhnya memahami al-Kitab dan as-Sunnah adalah fardhu, dan tidak akan dipahami keduanya kecuali dengan bahasa Arab. Dan tidaklah sempurna kewajiban kecuali dengannya, maka ini (mempelajari dan mengajarkan bahasa Arab -pent) adalah wajib.” Ibadah seperti sholat, doa, membaca al-Quran al-Kariim, dan banyak syi’ar agama Islam tidak dapat terlaksana dan tidak sempurna pemahamannya serta tadabburnya, kecuali dengan bahasa Arab. Dan tidak diperbolehkan siapapun dari umat muslimin mengerjakan shalat tanpa menggunakan bahasa Arab, sedangkan shalat adalah fardhu ‘ain.
  • Mengetahui bahasa Arab menjaga dari terjerumusnya dalam syubhat dan bid’ah. Imam Syafi’i rahimahullah berkata: “Tidaklah terjadi kebodohan manusia, dan tidaklah terjadi perselisihan kecuali mereka telah meninggalkan bahasa Arab, dan lebih cenderung dengan bahasa Aristhoteles.” Dan beliau berkata juga: “Tidaklah seseorang mengetahui secara jelas keseluruhan ilmu al-Quran, saat ketidaktahuan tentang luasnya bahasa Arab, dan dari banyak prespektifnya serta keseluruhan makna dan keunggulannya. Dan barangsiapa yang mempelajarinya, hilanglah darinya segalah syubhat yang mana keragu-raguan (syubhat) ini bisa terjadi kepada orang yang tidak tahu bahasa Arab.” Dan telah berkata Al-Suyuthi rahimahullah: “Telah aku temukan generasi terdahulu (salaf) sebelum As-Syaifi’i, memberikan petunjuk sebagaimana petunjuk dirinya karena sebab terjadinya bid’ah adalah kejahilan atas bahasa Arab.” Berkata al-Hasan al-Bashri rahimahullah yang ditujukan kepada pelaku bid’ah: “Inti kerusakan mereka karena kerusakan bahasa Arab mereka.”
  • Mengetahui bahasa Arab merupakan salah satu cara untuk memudahkan memahami agama Islam, sebagaimana firman Allah ta’ala:
    فَإِنَّمَا يَسَّرْنَاهُ بِلِسَانِكَ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

    “Sesungguhnya Kami mudahkan Al Qur’an itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran.” (QS. Ad Dukhan: 57)

  • Bahasa Arab merupakan syi’ar agama Islam dan muslimin, dan bahasa Arab merupakan bahasa yang paling agung sebagai syi’ar umat yang dengannya menjadi mulia. sebagaimana perkataan Ibnu Taimiyah, rahimahullah.
  • Menguatnya bahasa Arab sebab dari kemuliaan Islam dan muslimin, berkata Musthofa Shodiq  ar-Rofi’i: “tidaklah hina bahasa sebuah kaum kecuali kaum tersebut telah jatuh dalam kehinaan, dan tidaklah terjadi kerusakan pada kaum tersebut kecuali bahasanya telah pergi dan mundur. Oleh karenanya, penjajah asing pasti memaksakan bahasanya kepada penduduk yang terjajah.”
  • Bahasa Arab merupakan pengikat yang paling kuat antara kaum muslimin, dan umat menjaganya dengan mengajarkannya untuk mendekatkan para penuntut ilmu dengna bahasa arab. Maka kemiripan secara dzahir -termasuk dalam bahasa- mewariskan kesamaan dalam bathin, termasuk dalam hal kebudayaan dan akidah.
  • Pengajaran bahasa Arab merupakan bagian terpenting dari sarana mengenalkan kebudayaan Islam, maka bahasa mengandung kebudayaan yang menggunakannya.

Dan Allah-lah Maha pemberi petunjuk ke jalan yang lurus, shalawat dan salam atas Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya sekalian.

Sumber:

Mukadiman Buku Al-Lughatul Al-Arabiyah Baina Yadaika

Iklan

About Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Posted on 16 Oktober 2012, in Bahasa and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: