Masjid Mardliyyah UGM

Masjid Mardliyyah (Mawardiyah) yang dalam akte notatis pendirian dinamakan Masjid Kampus UGM, didirikan di atas tanah milik UGM pada tahun 1968, setelah secara resmi didirikannya Yayasan Masjid Kampus UGM tanggal 1 Mei 1968. Tujuan pendirian Yayasan ini adalah untuk menyebarkan Agama Islam dalam arti kata seluas-luasnya di kalangan civitas akademika UGM dan masyarakat umum. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut maka yayasan berhak dengan jalan yang sah dan halal serta tidak bertentangan dengan maksud dan tujuannya antara lain mendirikan masjid, ruang kuliah agama islam, perpustakaan dan sebagainya.

Kekayaan awal yayasan terdiri dari uang Rp. 100,- dengan Badan Pengawas Haji Prawirosuprapto; Komisaris Besar Polisi Drs. R. Soetardjo; dan Letnan Kolonel Soedjono A.J. Adapun Pengurus Ketua Drs. Soepojo Padmodiputro, MA; Wakil Ketua I Soemarno P Wirjanto, SH; Wakil Ketua II M. Hidjazie Kartowjaja, SH; Penulis Ir. Sugeng Djojowirono; dan Bendahara Ny. Hadji Prawirosuprapto.

Madjid Kampus UGM beserta ruang kuliaj dan bangunan-bangunan lainnya diperlukan untuk kelengkapan ibadah agama Islam ini dibangun pada tahun 1968 dengan menggunakan anggaran Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah). Masjid yang dapat menampung sekitar 1000(seribu) jemaat merupakan sumbangan dari Keluarga Prawirosoeprapto dengan suatu perjanjian bahwa UGM mengijinkan 100 m2 dari tanah tersebut dijadikan makam keluarga Prawirosoeprapto.

Kompleks masjid Mawardiyah terdiri atas : bangunan Induk (ruang masjid) seluas 400m2; Sertambi tanpa atap 100m2; Bangunan pelengkap 100m2; ruang jaga dan gudang 30m2; Tempat parkir 120m2; Halaman depan (rumput) 1960m2; Halaman utara dan selatan 400m2; Makam 100m2; dll.

Pada tahun 1983 dilakukan penambahan bangunan yakni : ruang tidur/dapur disebelah utaramakam seluas 60m2; Ruang tidur/tamu sebelah utara ruang induk 100m2; Ruang ibadah putri 100m2; perluasan ruang ibadah sebelah selatan ruang induk 80m2 dan kios sebelah utara halaman 8m2.

Masjid Mardliyyah merupakan pusat kegiatan ibadah yang keberadaannya  sangat penting karena memiliki  jumlah jamaah yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan Masjid Mardliyyah berada di komplek kampus Universitas Gadjah Mada dan fasilitas kesehatan masyarakat yaitu Rumah Sakit Umum dr. Sardjito yang dipisahkan oleh sebuah jalan yang ramai.

Sebagai salah satu pusat kegiatan ibadah yang penting dalam kawasan tersebut, Masjid Mardliyyah diharapkan mampu memenuhi fungsinya sekaligus memberikan nilai tambah bagi kawasan dari segi aktivitas maupun fisik bangunan. Upaya penambahan fungsi untuk kegiatan muamalah yang didukung tampilan bangunan yang menarik akan menambah syiar masjid.   Perlu diketahui bahwa keberadaan Masjid Mardliyyah saat ini dirasa kurang merepresentasikan image sebuah pusat kegiatan ibadah karena letaknya yang menjorok ke dalam dan hanya berupa bangunan satu lantai, ditambah lagi adanya PKL yang menutup tampak masjid dari jalan utama. Hal ini membuat Masjid Mardliyyah seolah-olah “tenggelam” di antara bangunan-bangunan sekitarnya baik dari segi fisik maupun aktivitasnya.

 
Setelah melihat kondisi yang ada saat ini pengembangan Masjid Mardliyyah dirasa perlu sebagai salah satu usaha untuk memenuhi harapan keberadaan sebuah masjid yang representatif sekaligus memberikan suatu kontribusi positif bagi lingkungan.   Hal ini dilandasi oleh keyakinan bahwa membangun dan memakmurkan masjid merupakan perintah Allah SWT sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat At Taubah ayat 18:

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

 

 

http://mardliyyah.wg.ugm.ac.id/profile/about

Iklan

About Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Posted on 23 Juli 2012, in Masjid and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Meta

  • %d blogger menyukai ini: